Senin, 07 Juni 2010

Manusia dan Cinta Kasih

Pengertian Cinta Kasih

Menurut kamus umum bahasa Indonesia karya WJS Poerwadarminta. Cinta adalah rasa sangatsuka (kepada) atau (rasa) sayang (kepada). Ataupun rasa sangat kasih atau sangat tertarikhatinya sedangkan kata kasih artinya perasaan sayang atau cinta kepada atau menaruh belaskasihan. Dengan demikian arti cinta dan kasih hampir bersamaan, sehingga kata kasihmemperkuat rasa cinta. Karena itu cinta kasih dapat diartikan sebagai perasaan suka (sayang) kepada seseorang yang disertai menaruh belas kasihan.
Pengertian tentang cinta dikemukakan oleh Dr. Sarlito.W.Sarwono. dikatakan bahwa cintamemiliki 3 unsur yaitu keterikatan, keintiman, dan kemesraan. Yang dimaksud denganketerikatan adalah adanya perasaan untuk hanya bersama dia, segala prioritas untuk dia, tidakmau pergi dengan orang lain kecuali dengan dia. Keintiman yaitu adanya kebiasaankebiasaan
dan tingkah laku yang menunjukkan bahwa antara anda dengan dia sudah tidak ada jarak lagi. Panggilan panggilan formal seperti bapak, ibu, saudara digantikan dengan sekedar memanggilnama atau sebutan sayang. Kemesraan yaitu adanya rasa ingin membelai atau dibelai, rasakangen kalau jauh atau lama tidak bertemu, adanya ucapan-ucapan yang mengungkapkan rasa sayang.

Kasih Sayang

Kasih sayang adalah perasaan sayang, perasaan cinta atau perasaan suka kepada seseorang.

Kemesraan

Kemesraan berasal dari kata dasar mesra, yang artinya perasaan simpati yang akrab. Kemesraan ialah hubungan yagn akrab baik antara pria dan wanita yang sedang dimabukasmara maupun yang sudah berumah tangga. Kemesraan pada dasarnya merupakanperwujudan kasih sayang yang mendalam.

Pemujaan

Pemujaan adalah salah satu manifestasi cinta manusia kepada Tuhannya yang diwujudkandalam bentuk komunikasi ritual.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar