Jumat, 11 Juni 2010

Etika dan Moral

A. Etika dan Moral dalam Menggunakan TIK
Etika adalah ajaran tentang baik dan buruknya sesuatu. Moral adalah aspek kejiwaan yang sangat erat berhubungan dengan sikap dan prilaku seseorang.

1. Hak Cipta Perangkat Lunak
Hak cipta adalah hak eksklusif bagi pencipta atau penerima hak untuk mengumumkan atau memperbanyak hasil ciptaannya atau memberikan izin untuk itu dengan tidak mengurangi perbatasan-perbatasan menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku.

2. Menghargai Kreasi Orang Lain
Penghargaan kepada karya orang lain khususnya pembuat perangkat lunak komputer dapat dilakukan dengan cara-cara berikut :

  1. Menggunakan perangkat lunak asli, kalaupun tidak kita harus membeli lisensi kepada perusahaan yang bersangkutan.
  2. Tidak menggunakan perangkat lunak untuk kejahatan.
  3. Tidak membajak, menyalin atau menggandakan tanpa seizin perusahaan.
  4. Menyalah gunakan dalam bentuk apapun.
  5. Tidak mengubah, mengurangi atau menambah hasil karya orang lain.

B. Undang-Undang Hak Cipta
Pemerintah RI telah mengeluarkan peraturan baru yang berupa UU No. 19 Th. 2002 tentang hak cipta. Sebelumnya Indonesia memiliki UU No. 6 Th. 1982 tentang hak cipta sebagaimana telah diubah dengan UU No. 7 Th. 1987 dan terakhir dengan UU No. 12 Th. 1997 yang disebut undang-undang hak cipta dan sanksi pelanggaran undang-undang hak cipta pasal 72 ayat 2 dan 3.
Masa Berlakunya Hak Cipta
Pasal 30 UU No. 19 Th. 2002 menyatakan bahwa masa berlakunya hak cipta atas ciptaan program komputer dan data base adalah 50 tahun sejak pertama kali diumumkan.

C. Kesehatan dan Keselamatan Kerja

  • Posisi Duduk, ada saat duduk posisi tubuh tidak terlalu menunduk atau mengadah. Siku membentuk 900 sehingga memudahkan pekerjaan. Pandangan mata harus sejajar dengan monitor komputer.
  • Perkiraan Jarak Pandang Monitor, pandangan mata dengan monitor berjarak 46-47 cm / 0,150. Dan sebaiknya pada monitor ditambah dengan kaca peredam (screen filter)
  • Memilih Jenis Monitor Yang Baik, sebaiknya menggunakan jenis monitor TFT LCD karena efek radiasi pencaran sinarnya rendah dan daya listrik yang digunakan lebih kecil dibandinglan CRT.

1 komentar:

  1. Titanium Stone Countertops | Titsanium Art
    Titsanium titanium grey Art - Titsanium Art. Buy Titsanium Art at Titsanium Art titanium nitride bolt carrier group today, with instant delivery and titanium bars superb babyliss titanium flat iron customer titanium straightener service.

    BalasHapus